Resume Berita Pembuatan Totebag Ecoprint Sebagai Representasi Kampanye Ramah Lingkungan

 


Kelestarian lingkungan dan alam sangat penting bagi kehidupan makhluk bumi. Manusia sebagai Khalifah di bumi wajib menjaga kelestariannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembaharuan pada ilmu pengetahuan untuk menunjang pertumbuhan dunia pendidikan dan dunia industri dengan tetap menjaga kelestarian alamnya. 

Langkah yang diterapkan dalam dunia busana salah satunya adalah pewarnaan tekstil yang menggunakan bahan ramah lingkungan dan limbah pewarnaannya tidak mencemari lingkungan seperti teknik pewarnaan Ecoprint.

Teknik pewarnaan tersebut menggunakan bahan alami diantaranya bunga, batang, daun, dan akar yang tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Pengembangan ilmu pewarnaan teknik Ecoprint ini salah satu cara alternatif dalam menunjang pertumbuhan dunia pendidikan dan dunia industri tekstil yang tetap memperhatikan sisi ramah lingkungan.

Salah satu tumbuhan yang bisa digunakan adalah daun dengan kriteria berbulu halus pada permukaannya seperti daun jati. Dalam dunia tekstil daun jati sudah banyak diolah menjadi berbagai macam produk tekstil seperti kemeja, blouse, syal, topi, tas, dan kerudung. Metode pewarnaan teknik Ecoprint terdiri beberapa macam diantaranya metode iron blanket, metode pukul/pounding dan metode hapazome.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan keterampilan peserta dan mahasiswa UNUSA dalam membuat totebag unik dengan metode Ecoprint yang ramah linkungan sehingga dapat dijadikan ide bisnis dengan modal kecil seperti tas belanja untuk mengurangi penggunaan limbah tas plastik/kresek yang merusak lingkungan.

Referensi : pembuatan totebag ecoprint sebagai representasi kampanye ramah lingkungan.

- Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

- Instagram : https://www.instagram.com/unusa_official/

- web unusa: https://unusa.ac.id

Blog teman:

1. Syafira lintang ayu goworezqi: https://blogfira23.blogspot.com/2023/08/perpustakaan-unusa-menangkan-hibah-read_31.html

2. Serly Dwi Agustin: https://blogserlyda09.blogspot.com/2023/08/resum-berita-ccep-indonesia-gandeng_31.html

3. Nailul muna: https://blognila23.blogspot.com/2023/08/resume-unusa-wajibkan-tiap-lulusan-s1.html?m=1


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume materi Proses Pelayanan ULC

Eksplorasi Surabaya Kota Lama: Tempat-Tempat Tersembunyi dan Cerita di Baliknya

Konsep Komunikasi Umum